Langsung ke konten utama

Anak Perempuan Bapak


Kata bapak, anak adalah investasi terbaik orangtua. Sehingga orangtua selalu mengusahakan memberikan hal hal yang terbaik untuk anaknya. Termasuk perbekalan anak di kehidupan nanti. Anak perempuan bapak sekarang sudah dewasa, sudah saatnya anak perempuan bapak memahami pergaulan laki-laki dan perempuan.
Masa-masa liburan di rumah adalah hal  yang sangat saya nanti karena banyak nasihat-nasihat bapak sebagai bekal diri.
“Tadi bapak lihat anak-anak punk cewe ngamen di jalanan. Bagi bapak, itu seperti berdagang namun di tokonya sudah ditulis obral murah. Sehingga pengangguran pun bisa beli. Kamu paham maksud bapak?”
“Begini, menjadi seorang perempuan itu, harus punya rasa malu, harus punya harga diri. Sesederhana bagaimana kamu bersikap kepada laki-laki. Boleh saja berkomunikasi, tetapi ada batas-batasnya. Jangan sampai kamu “larut”. Ketegasan dari sikapmu itulah yang menyebabkan mereka bisa menghargaimu nak. Di zaman sekarang, laki-laki yang punya iman itu langkaaa sekali. Laki-laki yang bisa menghormati dan menghargai perempuan. Nah tapi, perempuannya juga harus bisa menghargai dirinya sendiri dulu. Dengan bersikap santun, baik, dan tidak melakukan hal-hal yang merendahkan harga dirinya.”
Bapak belum selesai memberikan nasihatnya.
“Membangun rumah tangga itu tidak hanya untuk di dunia, tetapi sampai di akhirat. Syukur-syukur jika sudah jodoh di dunia jadi jodoh juga di akhirat. Sehingga melihat orang tidak bisa lagi dari fisik, kekayaan, atau apapun yang bisa hilang dari orang tersebut. Mulailah melihat orang dengan hati. Hati akan mengenali karakter. Tetapi mata hanya akan mengenali fisik.
Misalnya kamu cinta kepada orang karena fisik, saat fisiknya sudah berubah mungkin perasaanmu akan berubah juga. Tetapi kalau karakter, tidak akan bisa hilang, akan terus melekat pada orang tersebut seumur hidupnya.” – iya pak destin sudah menemukan orang yang demikian- pernyataan itu hanya berhenti sampai di tenggorokan.
Demikian nasihat bapak sore ini. Semoga anaknya bisa menjadi anak perempuan yang bisa menghormati dan menghargai dirinya sendiri.

Baiti Jannati, 22 Maret 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seramnya Ilmu Biomedik Dasar (IBD)

Di kampus saya, ada lima fakultas yang termasuk ke dalam rumpun ilmu kesehatan, yaitu FK, FKG, FF, FIK, dan FKM. Tentu bukan tanpa tujuan, UI membangun sebuah gedung yang bernama gedung rumpun ilmu kesehatan tempatnya 5 fakultas tersebut. Salah satunya adalah untuk melancarkan terselenggaranya mata kuliah campuran dari 5 fakultas tersebut. Mata kuliah campuran pertama yang saya dapatkan adalah Ilmu Biomedik Dasar (IBD) 4 sks. Saya sekelas dengan teman-teman 5 fakultas tersebut. Satu kelas isinya 20an orang.
Kata kating, mata kuliah ini menyeramkan. Kenapa ? Karena mata kuliah ini katanya susah, sks nya gede, tugasnya banyak, dan tentunya sekelas dengan mahasiswa fakultas lain yang menimbulkan rasa nervous. Dan ternyata benar hehehe. Tetapi tidak semenyeramkan tu koq 😊 begini penjelasannya.
Definis Ilmu Biomedik Dasar (IBD) Ilmu Biomedik Dasar adalah sebuah mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa rumpun ilmu kesehatan, karena mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar dari manusia,mempelaja…

Mengambil Berkahnya

Ada yang unik di sebuah warung es krim di jalan dekat kosan saya di Depok. Warung es krim itu terhitung baru buka sekitaran setahun yang lalu. Setiap hari saya melewatinya dan memperhatikan warung tersebut. Saya perhatikan dari dulu sampai sekarang dan walaupun pelayan yang menunggu sempat ganti beberapa kali, tetapi setiap jam sholat warungnya tutup dan dipintunya ditulis “Abangnya agi istirahat, sholat. Tunggu ya😊 “. Ini yang membuat berbeda dengan warung-warung yang lain. Ya meskipun warung yang lain mungkin juga tetap melakukan kewajiban dan bergantian, tetapi warung ini juga memberikan tulisan yang bisa saja menjadi ajakan untuk yang lain untuk melakukan sholat. Waktu saya sedang praktik di sebuah sasana tresna werdha, adek tingkat minta tolong kepada saya untuk maketin mapnya yang tertinggal di sana. Kebetulan saat itu saya masih praktik di sana. Kebetulan juga hari itu hari jumat pukul 11.00. Karena jam 13.00 saya ada jadwal presentasi saya akhirnya memesan ojek online untuk m…